“Laporan Arus Kas digunakan untuk mengetahui dari mana kas (sumber dana) berasal dan untuk apa digunakan”. Kutipan itu saya ambil dari mata kuliah financial accounting-IFRS, Kieso, chapter 13 dan merupakan salah satu kegunaan Laporan Arus Kas. Sebenarnya statement di atas bukan merupakan sesuatu yang orisinil karena pada pelajaran tauhid, khususnya tentang salah satu pertanyaan di alam kubur kelak ada pertanyaan dari malaikat yang bertanya tentang harta dari mana kita dapatkan, dan untuk apa kita habiskan.

Pelajaran yang kita dapatkan dari pertanyaan malaikat kepada setiap manusia kelak adalah banyak dan sedikitnya harta bukanlah suatu hal yang fundamental, karena malaikat tidak akan bertanya “kamu masuk dalam urutan keberapa orang terkaya di Asia, atau di Eropa atau di dunia, tapi lebih menekankan bagaimana kita memperoleh harta dan bagaimana mengatur harta tersebut. Kalau dicermati dengan seksama, jelaslah kalau Allah lebih concern pada suatu proses bukan hasil, pada kualitas bukan kuantitas. Nah sahabat, jadi jangan pernah berfikir untuk menumpuk harta kekayaan sampai nama kita masuk top list orang terkaya di Asia atau dunia, karena hal itu perbuatan sia-sia. Semakin Anda bagikan, dermakan kepada orang yang membutuhkan, maka semakin berharga nilai dan posisi kita di mata Allah.

About nahawan

seseorang yang tertarik dengan alam imaginal tapi terjebak dalam alam fana... berusaha mencari titik temu dan ingin melesat dalam nirwana yang kini kelabu dan penuh sembilu.... @sulaeman79

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s